Fizz si Pengumpan Hiu yang damagenya ga ngotak

 Fizz menjadi salah satu Champion yang layak kamu beli jika ingin membeli assassin mematikan yang dipadukan dengan serangan magic damage. Champion yang satu ini menjadi salah satu counter Zed karena punya skill bernama Playful (3) yang membuatnya tidak bisa ditarget ketika sedang melompat.

Nah, biar kamu bisa lebih cepat dalam menguasai Fizz Wild Rift, berikut adalah guide dan build terbaik yang telah disusun oleh Dunia Games.

[Lich Bane]

Karna Fizz adalah tipe Champion yang memadukan skill dengan basic attack dalam bentuk magic damage, maka kamu bisa membeli Lich Bane untuk item pertamanya. Lich Bane membuat Fizz mendapatkan tambahan 75% attack damage dasar (+50% ability power) bonus magic damage untuk basic attack selanjutnya setelah ia mengeluarkan skillItem ini juga memberikan Fizz tambahan statistik 80 ability power, 10% cooldown reduction, dan 300 mana.

[Ionian Boots of Lucidity]

Untuk pemilihan sepatu, kamu bisa gunakan Ionian Boots of Lucidity dengan efek tambahan 10% cooldown untuk Fizz. Tambahan cooldown ini berguna banget untuk mage, apalagi sekelas Fizz yang mana memang memiliki combo mematikan dari skill-skill yang dimilikinya.

[Awakened Soulstealer]

Karena Fizz punya cooldown ultimate yang tergolong lama, kamu bisa mengakalinya dengan membeli Awakened Soulstealer. Terkait cara kerjanya, Awakened Soulstealer akan memberikan penggunanya 3% cooldown ultimate setiap kali berhasil membunuh lawan. Maksimal mendapatkan 15%  cooldown dengan 5 stack.

[Morellonomicon]

Kamu bisa beli Morellonomicon sehabis Awakened Soulstealer. Item ini memberikan tambahan 70 ability power serta 300 HP -- membuatmu sedikit tebal dan sulit untuk dibunuh. Morellonomicon juga berguna untuk melawan para Champion lawan mengandalkan lifesteal untuk teamfight berkat adanya efek Grievous Wounds -- sebuah efek yang mengurangi peningkatan HP lawan ketika mereka regen atau lifesteal.

[Rabadon's Deathcap]

Agar lawan tak bisa berkutik, kamu bisa dapatkan tambahan ability power besar melalui item bernama Rabadon's Deathcap. Walaupun harganya cukup mahal, tapi sangat layak untuk dibeli berkat tambahan 130 ability power. Belum lagi ia juga punya efek pasif berupa tambahan 40% ability power (dari ability power kamu sekarang). Bahkan tank akan kesulitan menahan serangan yang kamu keluarkan berkat tambahan ability power yang sangat besar dari Rabadon's Deathcap.

[Void Staff]

Item selanjutnya kamu bisa membeli Void Staff. Item ini sangat diperlukan di late game karena rata-rata pengguna tank sudah memiliki magic resist, sehingga damage yang diberikan sulit ditembus. Berbicara tentang kelebihan Void Staff, item ini memberikan kamu 70 ability power dengan pasif tambahan 40% magic penetration.

[Upgrade Ionian Boots of Lucidity: Stasis Enchant]

Namanya mage, pasti rentan untuk dibunuh, terutama jika menjadi incaran assassin mengerikan seperti Master Yi. Maka dari itu, kamu bisa upgrade Ionian Boots of Lucidity ke arah Stasis Enchant. Efek ini akan membuatmu tidak bisa menyerang dan diserang selama 2.5 detik.

2. Rune Fizz Wild Rift

[Electrocute]

Sebagai mage Fizz amat sangat membutuhkan burst damage untuk menjatuhkan lawan dengan sangat cepat, maka dari itu kamu bisa gunakan Electrocute untuk menjadi Keystone dalam rune. Dengan kamu menyerang lawan sebanyak tiga kali (basic attack dan ability power), nantinya akan muncul kilat yang memberikan lawan 30-184 (berdasarkan level); (40% bonus attack damage); (25% ability power).

[Brutal]

Untuk rune Domination, kamu bisa gunakan Brutal sebagai pelengkap. Efek rune ini bisa memberikan Fizz bonus 14 ability power dan 2% bonus magic resist. Dengan penggunaan Brutal, kamu akan kuat bertarung menghadapi para front laner lawan yang mencoba mendekat seperti tank.

[Regeneration]

Rune selanjutnya, kamu bisa gunakan Regeneration untuk membuat Fizz sustain di dalam lane. Karena pasif dari rune ini meregenerasi 2% HP atau mana Fizz setiap 3 detik (berdasarkan persentase ketika low).

[Hunter - Genius]

Dengan penggunaan Hunter - Genius sebagai rune Inspiration milikmu, maka Fizz akan mendapatkan tambahan 2.5% cooldown reduction. Membunuh Champion unik akan mendapatkan 1.5% cooldown reduction. Rune ini sangat bersinergi dengan skill set dari Fizz, terutama untuk penggunaan Trickster (3).

3. Spell Fizz Wild Rift

[Flash]

Flash adalah spell sejuta umat. Hampir semua Champion akan menggunakan spell ini untuk mengejar atau kabur dari lawan. Namun, cooldown spell ini tergolong lama, yakni 150 detik.

[Ignite]

Penggunaan efek Ignite sangat menguntungkan Fizz untuk bertarung dengan lawan. Kamu bisa gunakan Ignite ketika HP lawan sudah dalam keadaan rendah, karena bisa membakar lawan dengan 60-410 true damage (berdasarkan level) selama 5 detik -- mencegah lawan selamat ketika keluar teamfight.

4. Combo Fizz Wild Rift

Untuk combo, Fizz sangat cukup bergantung dengan ultimate miliknya yang bernama Chum the Waters. Ultimate ini akan memberikan burst damage cukup besar sekaligus efek knock-up ke lawan. Adapun combo dasarnya bisa menggunakan:

Chum the Waters (Ultimate) -> Urchin Strike (1) -> Seastone Trident (2) -> Playful / Trickster (3)

5. Tips Fizz Wild Rift

  1. Gunakan Playful / Trickster (3) untuk menghindari skill dari lawan, seperti ultimate dari Zed; atau juga bisa digunakan untuk kabur;
  2. Keluarkan Chum the Waters (Ultimate) dari jarak cukup jauh untuk bisa memberikan damage yang lebih besar;
  3. Jangan takut bertarung 1 vs 1 selama ultimate kamu bisa mengenai lawan, karena Fizz punya burst damage yang sangat besar bila semua skill combo miliknya masuk ke lawan.

Komentar